'Badai Tornado' Di Sumatera barat



Pemilik akun twitter @engkidinata, melansir sejumlah foto peristiwa terjadinya pusaran angin seperti badai tornado di tengah Danau Dibawah, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumbar, Selasa (21/7/2015).
"Kejadiannya sekitar jam 17.00 WIB, di Danau Kembar Solok, Danau Diatas dan Danau Dibawah. Pusaran angin ini terjadi di Danau Dibawah-nya. Pusaran angin ini terjadi selama 20 menit," ungkap pemilik akun dengan nama Engki Satria Dinata itu seperti yang dilansir dari Valora.co.id.
Dari dua buah foto itu, setidaknya bisa menggambarkan proses terjadinya pusaran angin di tengah danau kembar tersebut. Foto pertama tampak gumpalan awan hitam disertai tanda-tanda akan terjadi pusaran angin. Pendaran air di permukaan danau juga tampak jelas.
Kemudian, pada foto kedua mulai terlihat jelas bahwa pusaran angin itu telah membubung ke angkasa. Permukaan air danau tepat di pusaran angin itu juga terlihat berpendar. Sepertinya, air danau ikut diterbangkan ke angkasa oleh angin tersebut.
Sementara, awan hitam tampak menggelayut di angkasa, tepat di atas pusaran angin ini.
Peristiwa yang diinfokan ke akun @infosumbar ini, kemudian diberi pujian bernada sindiran oleh pemilik akun @firdaus048. Sayang, kalimat sindiran yang ditantang oleh Engki untuk dibuktikan itu, dihapus pemiliknya, sekitar pukul 00.25 WIB, Rabu (22/7/2015) dinihari.
Engki pun mengonfirmasi pertanyaan pemilik akun @RAGAsangkino_19 yang mempertanyakan kebenaran kejadian ini dengan mengatakan, "Iyo bana, mangan menyebarkan hoax."
Tidak hanya foto di sosial media juga beredar video terjadinya pusaran angin seperti tornado ini. Dalma video tersebut terdengar warga cemas melihat fenomena alam yang tidak biasa tersebut.
"Iya kemarin warga sempat heboh melihat fenomena alam itu. Air danau tampak menggulung-gulung ke atas. Padahal waktu itu cuaca tidak buruk," ungkap Handra, warga Alahan Panjang dihubungi via telepon.

0 Response to "'Badai Tornado' Di Sumatera barat"

Posting Komentar