15 Penyanyi Dangdut Jadul yang Lagunya masih asik didengarkan sampai sekarang

Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik Indonesia yang mengandung unsur-unsur musik Hindustan atau India klasik dikarenakan menggunakan alat musik utama dangdut yaitu Tabla yang merupakan alat musik dari India, Pakistan, dan khususnya Asia Selatan, kemudian berkembang ke Indonesia yang berakar dari pedagang Gujarat yang juga menyebarkan agama Islam pada zaman itu. Sehingga dangdut memiliki unsur Melayu dan Arab. Pada akhir tahun 80an sampai awal 90an, musik dangdut bisa dikatakan mencapai masa kejayaannya, hal itu dibuktikan dengan banyaknya penyanyi dangdut yang cukup terkenal dan bahkan sampai sekarang karyanya masih asik untuk didengarkan. Dalam kesempatan ini ane akan sedikit mengajak kaskuser semuanya untuk bernostalgia dengan mengingat kembali beberapa penyanyi dangdut yang cukup terkenal pada masanya. Semoga Bermanfaat.

1. A.Rafiq (Almarhum)

Nama Lengkapnya adalah Ahmad Rafiq, lahir di Semarang, 5 Maret 1948 dan meninggal pada 19 Januari 2013. Semasa hidupnya Almarhum adalah seorang penyanyi sekaligus aktor yang cukup terkenal. Beberapa lagunya menjadi hits pada masa itu, bahkan ada satu lagunya pernah direlease ulang oleh group musik Slank sebagai OST film Get Merried. Beberapa lagunya yang cukup familier adalah : Pandangan Pertama, Tercantik di Dunia, Pengalaman Pertama, Cantik, Janji dan masih banyak lagi yang lainnya.


2. Caca Handika

Pemilik nama lengkap Caca Hermanto ini adalah penyanyi dangdut pria yang cukup populer di era 90an, lagu-lagunya kebanyakan temanya tentang patah hati, beberapa waktu yang lalu Caca Handika masih eksis pada sebuah acara TV sebelum acara tersebut di bubarkan KPI. Beberapa lagunya yang menjadi Hits adalah  Angka Satu, Undangan Palsu, Cincin Putih, Bakar Kemenyan, Mandi Kembang dan masih banyak lagi yang lainnya.


3. Camelia Malik

Camelia Malik dikenal sebagai diva musik dangdut jaipong, Hal ini karena tari jaipongan menjadi ciri khasnya saat membawakan lagu dangdut. Selain sebagai penyanyi, Camelia Malik juga dikenal sebagai aktris yang pernah bermain dalam beberapa film, Lagu-lagunya yang pernah hits diantaranya  Colak-colek, Wakuncar, Rekayasa Cinta, Rindu Berat dan masih banyak lagi yang lainnya.


4. Elvy Sukaesih

Nama Asli penyanyi dangdut fenomenal ini adalah Else Sukaesih, Dia mendapat julukan sebagai ratu dangdut Indonesia karena memiliki kualitas suara yang sangat baik. Selain sebagai penyanyi, Elvy Sukaesih juga sebagai aktris yang pernah bermain dalam bebera film. Awal karirnya dimulai ketika dia menjadi penyanyi pendamping Rhoma Irama di Soneta Group, kemudian dia meutuskan keluar dan memulai solo karir, beberapa lagunya yang sangat hits adalah  Bisik-bisik tetangga, Bulan di ranting Cemara, Kereta Malam, Surat Cerai, Tujuh Sumur, Sumpah benang Emas dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Evie Tamala

Nama Asli Penyanyi yang sekarang memakai hijab ini adalah Cucu Suryaningsih, Dia dikenal sebagai penyanyi dengan suara yang agak “manja”. Awal kariernya tidak begitu mulus karena album perdananya gagal total, namun itu tidak mematahkan semangatnya sehingga kembali membuat album dan akhirnya bisa diterima masyarakat. Beberapa lagunya yang cukup terkenal diantaranya  Cinta Ketok Magic, Dokter Cinta, Selamat Malam, Rembulan Malam, Kandas dan masih banyak lagi yang lainnya.


6. Hamdan ATT

Penyanyi kelahiran Kepulauan Aru Maluku Tenggara ini pada awalnya adalah seorang penyanyi Pop, namun dia banting setir menjadi penyanyi dangdut, dan ternyata itu membuat namanya begitu populer, beberapa lagunya yang cukup dikenal adalah  termiskin di Dunia, Bekas Pacar, Debu Jalanan, Harta dan Cinta, Gubuk Derita dan banyak lagi yang lainnya.


7. Iis Dahlia

Nama Aslinya adalah Iis Laeliyah, selain sebagai penyanyi dangdut, Iis dikenal juga sebagai pemain sinetron, ciri khasnya adalah kumis tipisnya yang manis sekali. Beberapa lagunya yang sangat populer adalah  Tamu tak diundang, paying Hitam, Cinta Bukanlah Kapal, Hatiku Bukan Batu, Diambang Sore dan lain sebagainya.

8. Ikke Nurjanah

Nama aslinya adalah Ikke Hartini Erpi Nurjanah, namun dia dikenal dengan nama Ikke Nurjanah, Cita-citanya sejak kecil bukanlah menjadi penyanyi, dia bercita-cita ingin menjadi guru TK, namun ternyata itu Cuma cita-cita masa kecil saja, dia malah sukses menjadi sorang penyanyi dangdut dengan suara yang cukup khas. Ciri khas dari penyanyi cantik ini adalah penampilannya yang selalu sopan. Beberapa lagunya yang cukup hits diantaranya  Memandangmu, Sun Sing Suwe, Terlena, Merpati Putih, Senyum dan hatimu dan masih banyak lagi.


9. Imam S, Arifin

Nama lengkapnya adalah Imam Sunaryo Arifin, selain sebagai penyanyi, Imam di kenal sebagai seorang pencipta lagu handal. Iman S, Arifin juga mempunyai rekan duet yakni Nana Mardiana yang kemudian menjadi istrinya, namun bercerai pada tahun 2007. Beberapa lagunya yang sangat populer diantaranya  Menari di atas lukaku, Jandaku, Yang Pernah Kusayang, Do’a suci dan masih banyak lagi yang lainnya.


10. Jhonny Iskandar

Nama Jhonny Iskandar cukup terkenal sebagai seorang penyanyi, tidak hanya bersolo karir, Jhonny juga dikenal sebagai vokalis group musik jenaka OM PMR (Orkes Madun Pengantar Minum Racun). Lagu-lagunya yang terkenal diantaranya  Bukan Pengemis Cinta, Qais dan Laila, Secangkir Kopi, Dosa kau anggap madu, dan lain sebagainya.

11. Mansyur S.

Nama Lengkapnya adalah Mansyur Subhawannur namun lebih dikenal sebagai Mansyur S. Suaranya yang khas membuat penyanyi kelahiran Jakarta, 30 Nopember 1948 ini sangat populer. Beberapa lagunya yang sangat terkenal diantaranya  Khana, Rembulan Bersinar Lagi, Pagar Makan Tanaman, Air Mata Perkimpoian, Kertas dan Api dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa lagunya yang terkenal tersebut juga dinyanyikan oleh anaknya sendiri yang juga terkenal yakni Irvan Mansyur S.


12. Meggi Z. (Almarhum)

Nama Lengkapnya adalam Meggi Zakaria, lahir pada 24 Agustus 1945 dan meninggal pada tahun 2009. semasa hidup, Almarhum dikenal sebagai penyanyi dangdut dengan beberpa singlenya yang sangat terkenal, diantaranya adalah  Anggur Merah, Kabut Nopember, Cinta Hitam, Gubuk Bambu, Mata Air Cinta dan sebagainya.


13. Ona Sutra

Ona Sutra adalah seorang penyanyi dangdut Indonesia yang terkenal dengan ciri khas rambut agak gondrong dan memakai kaca mata hitam. Beberapa lagunya yang terkenal diantaranya Bola, Barcelona, Asam Di Gunung Garam di Laut, Terbayang-bayang, kutitipkan cintaku dan masih banyak lagi yang lainnya.

14 Rita Sugiarto

Nama Rita Sugiarto mulai dikenal ketika dia menjadi pengisi suara dalam film Rhoma Irama serta berduet dengannya, selain sebagai penyanyi, Rita Sugiarto juga adalah seorang pencipta lagu, beberapa lagu hitsnya adalah  Zainal, Cinta Berawan, Pacar Dunia Akhirat, Air Bunga, Kuingin dan beberapa lagu duet dengan Rhoma Irama.

15. Rhoma Irama

Menyebut musik dangdut tentu saja tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut nama Rhoma Irama, dia adalah Rajanya Musik dangdut, sudah begitu banyak lagu dan album yang dikeluarkan, tidak hanya sebagai penyanyi, Rhoma Irama juga adalah seorang pencipta lagu handal dan juga pemain film, lagu-lagunya yang cukup terkenal diantaranta  Begadang, Darah Muda, Bujangan, Zulfikar, Istri Salehah, Kawula Muda dan masih banyak lagi karya lainnya.


0 Response to "15 Penyanyi Dangdut Jadul yang Lagunya masih asik didengarkan sampai sekarang"

Posting Komentar