Bersikap Arogan dan Ngaku Wartawan, Foswar Minta Bupati Rohul Tegur Keras Kades Batang Kumu

KetFoto: Ilst
seriauin-Pasirpengaraian- Forum solidaritas wartawan Rokan Hulu (Foswar) minta Bupati Rohul, Achmad menegur kades Batang Kumu, Tambusai, Afnan Pulungan, yang bersikap arogan kepada wartawan, saat meliput persoalan warga di desa itu, Kamis (1/9/2015).

Menurut Ketua Foswar, Yusrizal Thamrin, sikap yang diperlihatkan oknum Kades Batang Kumu itu sangat memalukan, karena tidak mencerminkan sikap seorang pemimpin.

"Kita minta Pak Bupati Achmad menegur kades Anan Pulungan yang arogan itu, sekaligus mengajarinya dengan UU No 40 thn 1999 tentang Pers serta UU keterbukaan informasi Publik (KIP)," kata Yusrizal didampingi sekretaris Foswar, Achmad Rizal.

Disebutkannya, tidak ada hak siapapun, termasuk Kades untuk menghalangi wartawan untuk meliput berita, apalagi pemberitaan menyangkut kepentingan masyarakat.

"Jika Bupati tidak sempat untuk mengajari oknum Kades Batang Kumu tentang dua UU itu, Foswar siap mengajarinya," tegasnya.

Seperti diketahui, beberapa wartawan dari berbagai media yang bertugas di Rohul meliput rencana mediasi sengketa lahan antar warga di Kantor Desa Batang Kumu.

Adnan Pulungan yang juga mengaku ngaku sebagai wartawan media kriminalitas itu,  marah marah dan melarang keras wartawan masuk ke kantor Desa Batang Kumu.

"Tak ada hak wartawan membuat berita tentang sengketa lahan antar warga di desanya ke media massa, karena bukan berita kriminalitas," tukas Adnan dengan congkaknya. 

Padahal, sengketa lahan itu telah terjadi kekerasan, seorang warga dibacok oleh warga lain di lahan sengketa. Dan kasusnya tengah ditangani Polsek Tambusai. (AGS)

0 Response to "Bersikap Arogan dan Ngaku Wartawan, Foswar Minta Bupati Rohul Tegur Keras Kades Batang Kumu "

Posting Komentar