5 Kota Wisata Kuliner Paling Enak di Indonesia

Seriau.in Jalan-jalan ke suatu kota di Indonesia, tak lengkap kalau belum menyantap kuliner khasnya. Dari rendang di Padang hingga pisang epe di Makassar, Traveler yang doyan wisata kuliner tampaknya tak usah sulit menentukan kota tujuan. Hampir di tiap-tiap kota di Indonesia punya kuliner khas yang dijamin mampu menggoyang lidah. Berikut, 5 kota wisata kuliner favorit di Indonesia:

1. Bandung


Bandung dinobatkan jadi kota wisata kuliner paling favorit di Indonesia. Total, kota yang dijuluki Paris Van Java ini dipilih sebanyak 2.341 pembaca atau mendominasi dengan 59 persen.

Tak heran, Bandung memang punya banyak kuliner khas yang biasa jadi incaran traveler. Silakan pilih, ente mau makan mie kocok, siomay, batagor, peuyeum, karedok, atau surabi Bandung. Kalau mau menghabiskan waktu di Bandung sambil makan aneka kue di Bandung, ente bisa menuju Braga Permai di Jl Braga yang merupakan salah satu restoran tertua di Bandung.

Aneka kuliner di Bandung sangat mudah ditemui di mana saja. Baik dari penjaja makanan di pinggir jalan hingga di restoran-restoran di dalam mal. Apalagi, orang Bandung sangat kreatif dalam mengolah makanan. Mau liburan sambil berwisata kuliner? Yuk, ke Bandung!


2. Surabaya

 
Apa yang terlintas di benak ente saat mendengar Surabaya? Selain museum dan bangunan bersejarah, Kota Pahlawan ini pun dikenal sebagai kota wisata kuliner. Surabaya ada di peringkat dua sebagai kota wisata kuliner favorit di Indonesia dan dipilih 635 pembaca atau 16 persen.

Kuliner khas Surabaya yang paling tersohor di Surabaya yakni rujak cingur. Rujak ini adalah campuran petis dan cingur. Untuk traveler yang belum tahu, cingur sebutan lain untuk hidung sapi. Rujak cingur terdiri dari beberapa bahan, seperti lontong, tahu, tempe, cingur, taoge, kangkung dan kacang panjang. Selain itu, rujak cingur juga ada yang berisi buah-buahan, seperti mangga muda, bengkoang dan nanas. Karena ada cingur, maka rujak ini baunya khas dan rasa hidung sapinya seperti ***forbidden***.

Tak hanya rujak cingur, aneka kuliner khas Surabaya yang mampu bikin ente ketagihan adalah rawon, tahu tek, nasi pecel, semanggi, lontong balap, dan sate klopo. Nyam!



3. Padang

Kota mana yang jadi surga favorit bagi penikmat wisata kuliner di Sumatera? Padang adalah jawabannya. Ibukota Provinsi Sumatera Barat ini berada di peringkat tiga sebagai kota wisata kuliner favorit di Indonesia dan dipilih oleh 549 pembaca detikravel (14 persen).

Apa saya yang bisa ente santap di Padang? ente bisa menyantap rendang, dendeng balado, gulai ayam, gulai kepala ikan mas, dendeng batoko yang pakai minyak kelapa dan cabai hijau mentah, dan rendang paru. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler!

Tak usah pusing menemukan aneka makanan tersebut. Langkahkan kaki ente menyisiri pusat kota, ada banyak warung makan yang menjajakannya. Untuk oleh-oleh, jangan lupa membeli kripik sanjai, daka-daka, rendang kering atau kripik balado yang bisa ente bawa pulang sebagai camilan di rumah. Lamak bana lai!


4. Makassar



Makassar tidak hanya punya kecantikan dari Pantai Losari atau Pulau Samalona saja. Terlepas dari wisata bahari, Makassar disematkan jadi kota wisata kuliner favorit di Indonesia dan dipilih 8 persen pembaca alias 333 suara.

Bagi traveler yang mau menyantap sop konro, datanglah Jalan Gunung Lompobattang, di belakang Gedung Bank Indonesia. Di sana ada Warung Sop Konro yang terkenal lezat. Sop konro dibuat dari daging sapi yang biasanya adalah iga sapi dan dicampur kuah sup, serta ditambahkan ketupat. Rasanya gurih dan bikin kenyang.

Selain sop konro, masih ada coto Makassar dan sop sodara yang jadi kuliner tersohor di Makassar. Kalau mau ngemil sambil memandangi pantai, sialakan datang ke Pantai Losari dan makan pisang epe. Pisang epe adalah pisang bakar yang punya aneka rasa, tinggal pilih mau rasa cokelat, durian, keju, atau rasa orisinil.

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan di Makassar adalah es pallu butung. Es ini terbuat dari pisang kepok yang telah dikukus lalu dipotong-potong, bubur tepung beras dan disajikan dengan sirup berwarna merah. Nyam!



5. Cirebon


 
Satu lagi kota di Jawa Barat selain Bandung yang jadi kota wisata kuliner favorit di Indonesia, adalah Cirebon. Cirebon berada di urutan lima dan dipilih oleh 112 pembaca, sekitar 3 persen saja.

Empal gentong adalah gulai khas Cirebon dan paling sering diincar traveler yang proses memasaknya memakai gentong tanah liat. Isi dari empal gentong biasanya adalah daging sapi, dan jeroan-jeroan sapi. Salah satu tempat makan yang terkenal enak menjajakan empal gentong adalah Warung Mang Darma. Namun kini banyak berjejer tempat makan empal gentong di daerah Plered, Cirebon.

Selain itu, masih ada nasi jamblang yang tak boleh Anda lewatkan saat melancong ke Cirebon. Nasi Jamblang merupakan sajian berupa nasi yang dibungkus dengan daun jati dan banyak lauk. Pilihlah lauknya sesuai selera, dari tempe goreng, tahu kuah kecap, telur dadar, paru, hingga ikan jambal goreng. Ada beberapa tempat makan nasi jamblang favorit yaitu Nasi Jamblang Mang Dul, Ibu Nur, Pelabuhan dan Tentara Pelajar.

0 Response to " 5 Kota Wisata Kuliner Paling Enak di Indonesia"

Posting Komentar